Bek Keturunan Jawa Dicoret dari Timnas Belanda

0
Bek Keturunan Jawa Dicoret dari Timnas Belanda untuk EURO 2024, Sinyal Gabung Indonesia?

Bek Keturunan Jawa Dicoret dari Timnas Belanda untuk EURO 2024, Sinyal Gabung Indonesia?

Bek Keturunan Jawa Dicoret dari Timnas Belanda untuk EURO 2024, Sinyal Gabung Indonesia? – Kabar mengecewakan harus diterima Ian Maatsen menjelang tampil dalam laga akbar final Liga Champions bersama Borussia Dortmund melawan Real Madrid di Stadion Wembley, Sabtu (1/6/2024). 

 

Bek kiri berdarah Jawa-Suriname itu mendapat pukulan mental setelah dinyatakan tak masuk dalam skuad akhir Timnas Belanda untuk turnamen EURO 2024.

 

Saat pemain dari kedua tim tengah mencurahkan seluruh fokus demi meraih trofi prestisius Liga Champions, konsentrasi Maatsen sedikit terganggu oleh kabar pencoretan dirinya dari skuat De Oranje. 

 

Tiga hari sebelum pertandingan final, pemain berusia 22 tahun itu mengetahui keputusan pelatih Ronald Koeman melalui panggilan FaceTime.

 

Dalam skuad Belanda, hanya tersedia sembilan slot untuk pemain IDNSCORE bertahan, dan Maatsen kalah bersaing dari Nathan Ake dan Daley Blind yang memiliki pengalaman jauh lebih banyak di level internasional. 

 

Memang, faktor jam terbang menjadi pertimbangan utama Koeman dalam menentukan komposisi skuadnya.

 

Maatsen belum pernah mencicipi atmosfer pertandingan timnas senior Belanda, sementara Blind sudah mengoleksi 106 caps. 

 

Pencapaian yang jauh berbeda dan menjadi keunggulan besar bagi Blind dalam memperebutkan satu tempat di skuat Belanda untuk EURO 2024.

 

Nathan Ake telah tampil dalam 44 pertandingan mengenakan seragam oranye tim nasional Belanda. 

 

Ronald Koeman, pelatih tim nasional, menjelaskan keputusan terkait Maatsen dalam sebuah wawancara yang dikutip oleh BolaSport.com dari Telegraaf. 

 

Koeman menyebutkan bahwa Maatsen akan bermain di final Liga Champions pada hari Sabtu. 

 

Dalam pernyataannya, Koeman mencoba menjelaskan alasan di balik keputusannya, meskipun dia mengakui bahwa Maatsen merasa kecewa, yang menurutnya adalah reaksi yang wajar.

 

Koeman menjelaskan bahwa ada beberapa pemain yang mengisi posisi yang sama dengan Maatsen. 

 

Di antara pemain tersebut adalah Nathan Ake, Daley Blind yang telah menjalani musim yang luar biasa bersama Girona, dan Micky van de Ven. 

 

Koeman menambahkan bahwa Daley Blind adalah pemain dengan banyak pengalaman internasional, sering tampil, dan dalam kondisi fisik yang prima. Inilah alasan mengapa Blind tetap menjadi pilihan utama dalam tim. 

 

Koeman juga menyebut bahwa menyelesaikan siklus ini memberinya kesempatan untuk menambahkan penyerang ekstra ke dalam skuad.

 

Maatsen sebelumnya sempat masuk dalam skuad bayangan Belanda untuk Piala Eropa 2024. 

 

Pemanggilannya tidak mengejutkan jika melihat performanya yang semakin baik bersama Borussia Dortmund. 

 

Pada musim 2023-2024, Maatsen telah tampil dalam 36 pertandingan di semua kompetisi, dengan 20 di antaranya sebagai starter.

 

Berbicara tentang karier internasionalnya, Maatsen, yang lahir di Vlaardingen, baru bermain di kelompok usia muda. 

 

Dia ikut serta dalam kejuaraan Euro U-21 2023, menunjukkan potensinya di level internasional meskipun belum mendapatkan kesempatan untuk tampil di tim senior. 

 

Koeman melihat potensi besar pada Maatsen namun saat ini harus membuat keputusan sulit mengingat banyaknya pemain berkualitas yang tersedia di posisi yang sama.

 

Tentu saja ini menjadi pukulan berat bagi Maatsen yang baru saja menavigasi kariernya ke level tertinggi bersama Borussia Dortmund. 

 

Namun, sebagai pemain profesional, dia harus dapat mengabaikan kekecewaan ini untuk sementara dan kembali berkonsentrasi penuh pada pertandingan final Liga Champions yang akan menjadi puncak musim ini baginya dan rekan-rekan setimnya.

 

Meski gagal mempersembahkan penampilan di EURO 2024, Maatsen masih memiliki kesempatan untuk mengukir prestasi gemilang bersama Dortmund dengan mengangkat trofi Liga Champions pertama sepanjang sejarah klub. 

 

Impian besar itu yang harus menjadi fokus utamanya saat ini untuk melupakan sejenak kekecewaan atas pencoretan dari timnas IDNSCORE  Belanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *