Posisi Dalam Sepak Bola Beserta Perannya

0

Posisi Dalam Sepak Bola Beserta Perannya

Posisi Dalam Sepak Bola Beserta Perannya – Posisi dalam sepak bola adalah salah satu dasar dasar yang harus diketahui, apakah Anda pemain berpengalaman atau baru memulai. Posisi umumnya adalah penyerang, gelandang, bek dan juga penjaga gawang.

Setiap posisi dalam Sepak Bola memiliki area spesifik dari bidang yang dicakupnya. Ini termasuk seberapa jauh ke belakang atau ke depan dan seberapa jauh rentang wilayah mereka ke kiri atau ke kanan.

Pemain depan, gelandang, dan bek dibagi menjadi posisi yang lebih spesifik berdasarkan jangkauan mereka di sisi kiri, tengah, atau kanan lapangan. Perbedaan seberapa jauh ke depan atau ke belakang masing-masing posisi ditentukan oleh posisi tertentu, yang akan kita bahas selanjutnya.

Setiap tim sepak bola MPOID terdapat 11 pemain di lapangan. Ini termasuk 10 pemain luar dan penjaga gawang. Setup yang paling umum dikenal sebagai 4-4-2. Ini memiliki empat bek, empat gelandang dan juga dua penyerang.

Apa saja Posisi Dalam Sepak Bola Beserta Perannya?

Ke depan

Ke depan, juga dikenal sebagai striker, memiliki tujuan utama mencetak gol. Mereka seringkali menjadi pemain yang paling mendapat perhatian karena peran mereka dirancang untuk berada di posisi mencetak gol. Mereka memulai permainan di lini tengah (garis yang membagi lapangan menjadi dua).

Selama pertandingan, para pemain ini biasanya maju sejauh garis gawang lawan (ujung lapangan). Mereka biasanya tidak lebih dekat ke gawang mereka sendiri daripada garis lini tengah. Saat bola dimainkan di dekat gawang bunuh diri, penyerang diharapkan tetap berada di sekitar lini tengah sehingga pemain bertahan dapat melakukan tugasnya.

Mereka harus siap untuk mencoba mencetak gol ketika bola kembali ke arah mereka.

Penyerang Kedua

Posisi ini, juga dikenal sebagai striker pendukung, terletak di antara penyerang tradisional dan gelandang. Tugas utama mereka adalah melakukan operan melalui celah untuk menciptakan tembakan bagi penyerang tengah serta mencetak gol sendiri.

Pemain sayap

Jenis penyerang ini dapat bermain di sisi kanan atau kiri lapangan dekat garis sentuh. Tujuan mereka adalah menggiring bola dengan cepat melewati bek sayap lawan dan mengoper bola ke striker. Jika sebuah tim memainkan formasi yang lebih sempit di lini tengah, mereka bahkan mungkin tidak menggunakan pemain sayap.

Gelandang

Gelandang menghabiskan banyak waktu memainkan peran MPOID berbeda dalam sebuah permainan. Ini adalah posisi yang sangat penting karena mereka biasanya harus pandai bertahan dan menyerang.

Beberapa tugas utama mereka antara lain:

⦁ Membantu pertahanan dalam memastikan tim lawan tidak mendekati gawang mereka.
⦁ Mendapatkan bola diteruskan ke depan bagi mereka untuk mencetak gol.
⦁ Membuat jalan mereka ke gawang tim lawan dan mencetak gol jika ada peluang.

Di awal permainan, mereka diposisikan di belakang penyerang. Selama pertandingan, mereka sering menutupi titik tengah antara garis gawang mereka sendiri dan garis tengah. Mereka juga bisa menutupi antara garis lini tengah dan garis gawang lawan mereka.

Gelandang terkadang akan melakukan tendangan penalti, lemparan ke dalam, kick-off, dan tendangan sudut. Itu tergantung pada siapa yang terkuat dalam hal ini.

Lini tengah bertahan

Gelandang ini ditempatkan di depan bek untuk perlindungan ekstra. Mereka biasanya berbaring ketika tim mereka menyerang. Tujuan utama mereka adalah untuk mengatasi pemain lawan dan berpotensi mengusir mereka ke samping. Mereka juga dapat melindungi bek dan gelandang lain jika mereka mendukung serangan tersebut.

Itulah artikel seputar sepak bola yang dapat saya rangkum untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *